Cara Merekam Audio Internal Android Tanpa Root

Untuk mendapatkan hasil video dengan suara yang berkualitas tentu saja impian banyak orang. Jika anda tidak memiliki alat yang canggih, Anda bisa mengikuti cara merekam audio internal android ini. Tanpa root.

Selain video, salah satu faktor peringkat yang ada di YouTube adalah mempunyai audio yang jernih sehingga suara yang dihasilkan ke penonton akan dimengerti.

Bagi Youtuber Gaming, Audio Internet atau sama seperti suara dari game tersebut merupakan poin yang sangat penting dalam pembuatan video.

Tentu saja penonton akan merasakan keseruan apabila anda memuncolkan suara game yang sedang Anda mainkan.

Jika anda menggunakan windows, tentu merekam audio internal android bukan jadi masalah lagi karena terdapat banyak aplikasi atau bisa dengan bantuan microphone. Tapi, bagaimana jika dengan android?

Seperti yang kita ketahui bahwa Android dengan versi 7 ke atas telah menonaktifkan fitur tersebut. Tapi, anda tidak perlu khawatir pastinya ada jalan keluar sehingga anda bisa merekamnya dengan sempurna.

Pada kesempatan kali ini saya membagikan tutorial ini tanpa root sehingga aman untuk ponsel anda. Bisa juga di root, tetapi saya sarankan agar jangan melakukan itu karena bisa saja merusak smartphone anda.

Apabila smartphone anda menggunakan Android versi 6 kebawah (Marshmallow), anda tidak perlu melakukan cara dibawah karena secara otomatis langsung bisa merekamnya.

Lalu, bagaimana cara merekam suara internal di android tanpa harus root ?

Menggunakan Ponsel Xiaomi, Samsung atau LG

xiaomi-samsung-lg

Loh loh, kenapa harus menggunakan smartphone merek diatas? Yap, kami akan memberikan alasan mengapa anda harus menggunakannya.

Xiaomi, memiliki aplikasi perekam layar bawaan yang juga bisa merekam suara internal anda. Untuk mengaktifkan fitur ini, anda harus menggunakan MIUI versi 9.6 (atau keatas). Karena versi kebawah mungkin belum ada fitur ini.

Aplikasi bawaan tersebut tidak bisa merekam suara anda, melainkan hanya bisa merekam suara internal. Untuk menghasilkan kualitas yang lebih bagus, disarankan untuk menggunakan Redmi Note Series.

Samsung atau LG, smartphone dengan merek ini bisa melakukan tugasnya dengan baik walau memiliki Android 7 keatas, hanya saja harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

App tersebut bernama Mobizen, anda bisa mengunduhnya di playstore. Sayangnya, Anda tidak bisa merekam audio internal secara bersamaan dengan suara Anda.

Baca juga : Cara Menyimpan Gambar dari Google Ke Galeri HP Android

Dengan Youtube Gaming

rekam-audio-internal-dengan-youtube-gaming

YouTube Gaming bukan sekedar menyediakan video gaming. Tapi juga memiliki fitur yang sangat unik untuk keperluan video.

Anda bisa menggunakan fitur merekam layar dari yt gaming tersebut. Ajaibnya, anda bisa merekam atau melakukan live dengan suara & audio internal akan terekam juga.

Audacity & Kabel Splitter

merekam-audio-internal-android-dengan-audacity-kabel-splitter

Dengan cara terakhir akan dibantu oleh aplikasi audacity serta beberapa hardware seperti earphone, headset atau lainnya.

  1. Pastikan anda sudah menginstal audacity di laptop / komputer.
  2. Gunakan kabel splitter (bisa cek di google) ke smartphone anda.
  3. Pasang earphone atau sejenisnya ke kabel splitter.
  4. Colokkan kabel tersebut ke lubang mic yang ada di komputer/laptop.
  5. Selanjutnya, buka aplikasi rekam layar serta jangan lupa aktifkan opsi rekam suara.
  6. Buka audacity dan klik rekam. Secara otomatis, suara game tersebut akan terdengar di komputer anda.
  7. Selanjutnya anda bisa menggabungkan suara tersebut dengan video yang anda sedang rekam tersebut.

Akhir Kata

Tutorial ini tanpa root sehingga aman untuk smartphone anda. Pastikan anda melakukan sesuatu dengan hati-hati.

Kategori Blog

Artery Luis
Tentang Artery Luis
Seorang penulis yang mencintai hal yang berkaitan dengan Android.

Tinggalkan komentar