7 Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Membuat aplikasi android sekarang ini semakin mudah dan praktis. Semua bisa melakukannya, bahkan orang yang masih awam tentang bahasa pemrograman sekalipun. Tanpa perlu pusing menguasai semua teknik HTML, JavaScript dan CSS, kamu sudah bisa merilis aplikasi ke Google Play Store. Lantas, bagaimana cara membuat aplikasi android tanpa coding? Simak pembahasannya di bawah.

Pada dasarnya, untuk membuat aplikasi android bisa dilakukan secara offline dan online. Metode offline mengharuskan kamu menguasai HTML, CSS dan JavaScript, sehingga lebih cocok untuk profesional.

Sementara itu, cara membuat aplikasi android tanpa coding dilakukan secara online berbasis website. Di internet ada banyak pilihan website apps builder yang mudah digunakan dan canggih. Ini dia uraian selengkapnya.

7 Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Appy Pie

Sejauh ini, Appy Pie masih menjadi pilihan favorit pengguna yang ingin membuat aplikasi android berbasis website. Tidak hanya mudah digunakan dan proses pembuatan aplikasi yang cepat, Appy Pie juga memungkinkan kamu untuk membuat sekaligus memonetisasi aplikasi di perangkat Android, Windows Phone dan iPhone.

Appy Pie disukai oleh orang dari berbagai belahan dunia karena memiliki fitur komplit dan kemampuan analisis yang canggih. Aplikasi yang dipublish ke App Store dan Play Store bisa dipantau lalu lintasnya. Fitur di Appy Pie antara lain Notifikasi, GPS, menghubungkan database dan lain sebagainya.

Untuk menikmati fitur-fitur dasar Appy Pie kamu tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Bisa juga upgrade layanan ke versi premium untuk mengakses fitur lebih lengkap dan canggih. Layanan premium memungkinkan kamu untuk membuat aplikasi android dan iPhone berkualitas tinggi.

Apps Geyser

Cara membuat aplikasi android tanpa coding yang mudah dan cepat berikutnya adalah menggunakan website Apps Geyser. Platform online ini didirikan pada tahun 2011 oleh Oleg Grebenuyk dan Vasily Salomatov. Melalui Apps Geyser, kamu bisa membuat aplikasi android sederhana dalam waktu 2 menit saja.

Apps Geyser mengutamakan fitur yang memberikan kebebasan kepada pengembang untuk menyesuaikan aplikasi buatannya. Sehingga berbagai macam model aplikasi android bisa dengan mudah dibuat melalui Apps Geyser. Mulai dari online shop, game, sosial media, browser dan lain-lain.

Lebih dari 70 template yang menarik dan canggih bisa kamu pilih sesuai selera untuk bikin aplikasi android. Setelah selesai, silahkan sesuaikan spesifikasi aplikasi dan menambah beberapa fitur penting. Seperti mengirim pesan, berbagi ke sosial media dan sebagainya.

Aplikasi yang berhasil kamu buat kemudian bisa diterbitkan dan dimonetisasi ke Google Play Store. Semua dilakukan melalui langkah-langkah yang sangat sederhana dan gratis. Bagaimana, sudah memiliki ide untuk membuat apliaksi dan mulai menghasilkan uang?

Baca juga : Cara Menghilangkan Iklan di Android

Kodular

Bagi kalian yang sedang berencana membuat aplikasi hiburan, aplikasi chatting atau aplikasi bisnis, maka bisa mencoba menggunakan Kodular. Tidak perlu mengerti dan menguasai bahasa pemrograman yang bikin pusing, kamu bisa segera membuat apliaksi android sederhana dan bagus memanfaatkan fitur canggih di Kodular.

Kodular hadir dengan user-interface yang lebih segar dan cantik. Sehingga memberikan pengalaman berbeda ketika membuat aplikasi android. Jangan khawatir, fitur-fitur di Kodular tetap bisa dimengerti dengan mudah lho.

Kodular menjadi jawaban bagi siapapun yang ingin membuat aplikasi canggih dan menarik, tanpa perlu skill coding. Namun sayang, Kodular tidak memberikan opsi import komponen kepada pengembang. Sehingga, kamu harus puas dan memaksimalkan semua fitur yang tersedia.

Thunkable

Thunkable adalah software pembuat aplikasi android gratis yang berbasis website. Kelebihan yang membuat Thunkable layak menjadi pertimbangan utama adalah karena bersifat cross platform. Itu berarti, kamu bisa membuat aplikasi android sederhana dan melakukan export ke iOS. Nantinya, hasil karyamu bisa diterbitkan di App Store dan Google Play Store sekaligus.

Platform online ini akan sangat membantu bagi kamu yang ingin serius menekuni aplikasi dan mendapatkan uang dari sana. Thunkable memiliki tampilan website yang menarik dan responsive, sehingga tidak membosankan.

Custom sendiri model aplikasi android kamu sesuai keinginan melalui fitur-fitur yang tersedia di Thunkable. Di luar sana, banyak pengembang yang belajar membuat aplikasi android sederhana menggunakan Thunkable.

Appmkr

Sudah sejak lama, Appmkr menjadi website yang digunakan oleh pemula untuk belajar membuat aplikasi android sederhana. Reputasi Appmkr di internet sangatlah bagus dan disukai oleh banyak pengembang dari berbagai belahan dunia. Hal itu tidak lepas dari fitur-fiturnya yang canggih, komplit dan mudah digunakan.

Melalui Appmkr, kamau bisa membuat berbagai model aplikasi secara gratis dan prosesnya cepat. Mulai dari aplikasi chatting, aplikasi online shop, aplikasi game dan model lainnya. Kamu hanya perlu membuka website, memberi nama aplikasi dan mengikuti langkah-langkah yang sederhana.

Namun, kamu harus puas dengan fitur yang lebih terbatas dan munculnya beberapa iklan. Agar bisa menikmati semua fitur dan bebas iklan, kamu perlu upgrade layanan ke versi premium. Tenang, biaya per bulan sangatlah terjangkau dan sebanding dengan fitur-fitur yang diberikan.

Tanpa mempelajari dasar-dasar pengkodean yang ribet dan pusing, sekarang kamu bisa membuat aplikasi android berkualitas tinggi. Nantinya, aplikasi tersebut juga bisa diterbitkan untuk iPhone dan Windows Phone.

MIT App Inventor

Cara membuat aplikasi android tanpa coding selanjutnya adalah melalui website MIT App Inventor. Meskipun baru belajar HTML, CSS dan JavaScript, MIT App Inventor akan membantu kamu sehingga bisa membuat sebuah aplikasi yang intuitif dan canggih.

Website MIT App Inventor didesain begitu sederhana, sehingga semua fitur yang tersedia bisa digunakan dengan mudah oleh para pemula. Tidak heran apabila website ini sangat diminati oleh pengguna internet. Buktinya, MIT App Inventor memiliki lebih dari 8.2 juta users dan sebanyak 34 juta aplikasi berhasil dibuat.

MIT App Inventor menerapkan block based programming tools yang canggih. Pengguna hanya perlu drag and drop palette untuk mendesain aplikasi. Susun komponen aplikasi sesuai kebutuhan, tanpa harus melalui serangkaian proses yang ribet.

Bahkan, kamu bisa menghubungkan ponsel ke PC dan melakukan uji coba secara langsung terhadap aplikasi yang dibuat. Bagaimana, sangat keren bukan?

Meskipun user-interface sangat sederhana, bukan berarti kemampuannya terbatas. Fitur-fitur di MIT App Inventor lebih dari cukup untuk belajar membuat aplikasi android sederhana. Tidak sedikit profesional yang menggunakannya.

Simak juga : Cara Mengubah Tulisan di HP Android

AppYourself

Untuk menjadi seorang developer aplikasi profesional, kamu bisa memulainya dengan belajar membuat aplikasi android sederhana. Jika belajar bahasa pemrograman terasa ribet dan membingungkan, maka bisa mencoba website AppYourself.

Kamu hanya perlu mengikuti semua panduan yang sudah disediakan dan melewati tiga tahap utama. Yaitu memilih desain, menambah konten dan menerbitkan. Tidak salah lagi, sekarang semudah dan sesimpel itu untuk belajar menciptakan aplikasi sendiri.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai tujuh cara membuat aplikasi android tanpa coding yang sepenuhnya mudah dan sederhana. Silahkan coba satu per satu dan temukan website mana yang paling sesuai dengan kamu.


Artery Luis
Tentang Artery Luis
Seorang penulis yang mencintai hal yang berkaitan dengan Android.

Tinggalkan komentar